MEDIA

Singapore Grapari

 PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE) menjalin kerja sama dengan Telkomsel untuk mendirikan pusat layanan pelanggan GraPARI di Negeri Jiran tersebut. Peresmian GraPARI tersebut berlangsung pada hari Jumat, 5 Juni 2015, yang diresmikan oleh Direktur Utama PT Telkomsel Ririek Andriansyah dan Direktur Utama PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk Tan Lie Pin, yang disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Andri Hadi. 

 
GraPARI Singapura merupakan salah satu langkah strategis TELE bersama Telkomsel 
dan Singtel dalam menyelesaikan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan layanan pelanggan yang sangat baik, di Indonesia dan khususnya di Singapura. Selanjutnya GraPARI tersebut akan dioperasikan oleh TELE melalui anak perusahaannya Telesindo Shop Singapura. 
 
Menurut Tan Lie Pin, kerja sama dengan Telkomsel untuk mendirikan GraPARIdi Singapura tersebut merupakan salah satu upaya TELE untuk melakukan ekspansi layanan ke negeri tetangga mengingat banyaknya pelanggan Telkomsel asal Indonesia yang berkunjung ke negara tersebut.
 
“Sebagai salah satu mitra Telkomsel terbesar di Indonesia, kami akan terus melakukan sinergi dan kerjasama dalam melayani pelanggan. Kehadiran pusat layanan pelanggan ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman komunikasi bagi pelanggan dengan Telkomsel selama kunjungan mereka ke Singapura,” kata Tan Lie Pin usai peresmian.
 
GraPARI Singapura terletak di distrik pusat bisnis, Orchard Road, di lantai 1 Lucky Plaza, berdekatan dengan pusat layanan mengampuni Singtel M. GraPARI Singapura beroperasi pada hari Senin sampai Minggu, pukul 10.00 hingga pukul 22:00, atau tergantung pada jam operasional gedung. 
 
Pusat layanan ini akan memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan berbagai layanan, seperti penggantian SIM card, pengaturan handset, aktivasi fitur roaming internasional, blok dan membuka blokir kartuHALO, serta layanan remittance.
 
Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Ririek Andriansyah mengatakan kehadiran GraPARI di luar negeri merupakan salah satu manifestasi nyata komitmen Telkomsel untuk menyediakan solusi komunikasi dan layanan yang lengkap dan cepat bagi pelanggan untuk memberikan WOW Great Experience untuk pelanggan di dalam negeri dan di luar negeri. Selanjutnya, pembentukan GraPARI Singapura diharapkan untuk mendukung Kedutaan Besar Indonesia di Singapura dalam memfasilitasi komunikasi bagi masyarakat Indonesia.
 
“GraPARI didirikan di luar negeri merupakan bukti komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan tanpa mana mereka berada. GraPARI Singapura menjadi strategis bagi Telkomsel mengingat fakta bahwa Singapura adalah negara tujuan utama bagi Indonesia, baik untuk tujuan bisnis atau liburan,” katanya usai peresmian GraPARI tersebut.
 
Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2014 jumlah Indonesia yang mengunjungi Singapura menduduki peringkat pertama dari semua pengunjung asing di Kota Singa. Selain itu, Singapura merupakan salah satu negara top di mana tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang ditugaskan.
 
Ririek lebih lanjut menjelaskan bahwa meresmikan GraPARI Singapura adalah bagaimana Telkomsel merespon potensi tinggi roamers diam dan tingginya permintaan roaming di Singapura informasi mengenai produk dan layanan Telkomsel, seperti pengaturan handset, jelajah aktivasi paket, dan pembelian paket data. Kehadiran pusat layanan permanen diharapkan dapat meningkatkan pengalaman komunikasi bagi pelanggan dengan Telkomsel selama kunjungan mereka ke Singapura.
 
Pada tahun 2014, roaming dari pelanggan Telkomsel di Singapura memiliki kontribusi terbesar terhadap jumlah pendapatan roaming internasional Telkomsel dibandingkan dengan negara-negara lain. Selanjutnya, menurut Departemen Statistik Singapura, lebih dari 25% dari mahasiswa asing di Singapura asal Indonesia, dan ada sebanyak 54 ribu populasi Indonesia yang tinggal di Singapura.